Undangan pertemuan di kelurahn pisangan timur 14 februari 2018

Jakarta 14 feb 2018

Aula Kantor Kelurahan Pisangan Timur
Dihadiri oleh : ibu lurah dan sekertaris, LMK, RW, FKDM, PKK, Karang taruna dan tokoh masyarakat.

Penyuluhan dan Konsultasi Hukum mengenai :
▪ Perlindungan Anak.
▪ Kekerasan Dalam Rumah Tangga.
▪ Penyalahgunaan Narkoba.

Bersama BNN dan Asosiasi Advokat Indonesia ( Jl. Sunan sedayu no. 18, Rawamangun ).

Di Indonesia saat ini Narkoba masuk dalam katagori Serious Crime dan hukumannya juga serius ( contoh di negara Philippina seseorang terduga Bandar akan ditembak Mati di tempat ) pada tahun 2015 indonesia sudah masuk dalam katagori darurat narkota ( disampaikan saat pidato Presiden : berantas narkoba harus lebih berani dan lebih gila ).
Dan yang perlu di perangi adalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Sesuai dengan Undang Undang No. 35 tahun 2009 :
NARKOBA : Zat yang berasal dari tumbuhan / bukan baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran dan hilangnya rasa nyeri juga dapat menimbulkan ketergantungan.

Narkotika dapat menyebabkan perubahan struktur otak ( seperti yg mba retno sampaikan ( BNN ) yang di serang adalah limbiknya : bagian otak yang merekam perasaan)

Pertanyaannya apakah kita semua pernah memakai narkoba??? Jawabannya iya.. kenapa, karena kita sudah pernah minum obat dari resep dokter, tapi apakah kita menyalahgunakannya ??? Pastinya enggak kan karena kita minum obatnya sesuai dengan anjuran dokter dan tidak menyalahgunakan efek samping dari obat tersebut ( pemakai biasanya kalau minum bisa 10 – 30 butir sekali minum)

Bahaya dan pengaruh dari narkoba :
▪ Logika sudah tidak jalan.
▪ Tidak tau malu
▪ Keberaniannya luar biasa

Narkoba tidak memandang usia tua, muda, status kaya atau miskin, orang tua atau anak siapapun bisa terkena.
Kasus yang terbaru, balita usia 6 bulan posiitif terkena narkoba ( dari si ibu )

Pecandu. : pemakai dan korban
Bandar. : pengedar, pemasok dan pendistribusi narkoba

Seseorang dikatakan pemakai jika saat penggeledahan ditempat kejadian dan dirumah bersangkutan ditemukan alat hisap / narkoba dan dinyatakan positif dengan test urine.

Bagaimana jika dilingkungan kita ada yang terkena Narkoba? Kita harus rangkul dan laporkan untuk di rehabilitasi ( karena mereka sakit)

Pasal 54 UU no.35 thn 2009 : pecandu narkotika dan penyalahgunaan Narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Disinilah kita membutuhkan pendampingan oleh Advokat supaya korban tidak diarahkan sebagai pengedar, tapi hanya sebagai pemakai dimana nanti akan direhabilitasi.

Hukuman / sangsi bagi pengedar dan pemakai sangat berbeda..
Pengedar / jika kedapatan membawa 1 linting ganja / 1 butir pil ekstasi akan di ganjar hukuman pidana 4thn penjara, max 20thn ..
Hukuman jika lebih dari itu dan bagi yang memproduksi bisa lihat di buku pasal atau bisa lihat di google
Untuk pemakai narkoba hukumannya : Rehabilitasi.

Putusan MK ( Mahkamah Konstitusi ) : bahwa setiap penggeledahanyang dilakukan oleh polisi terhadap target operasi, harus di dampingi oleh RT, Rw setempat ( sebelumnya polisi akan berkoordinasi terlebih dahulu ) untuk menghindari penyalah gunaan….
Selanjutnya RT / RW akan di BAP dan menjadi saksi pada kasus tersebut.

Dan perlu diketahui, untuk kasus narkoba tidak ada tawar menawar dalam hukumannya, tidak bisa damai ataupun penangguhan sementara ( termasuk judi, togel, ngadu ayam, pasal 303 )

Kita berharap di thn 2045 indonesia masuk dalam 4 besar negara yg bebas dari narkoba…seperti negara Portugal walaupun banyak narkoba masuk dari mana mana tetapi rakyatnya tidak mau memakainya ( contoh lainnya adalah : seorang muslim jika ditawarkan makanan babi walaupun di kasi bermilyar milyar tetap tidak akan mau makan dan menolaknya karena tau itu dilarang dalam agama ).

Tata Cara syaat bantuan hukum kepada AAI DPT JakTim ( Gratis ) :
▪ membuat surat permohonan seaa tertulis ( kronologis singkatnya)
▪ FC KTP
▪ Surat keterangan miskin dari Rt, Rt sampai Kelurahan ( jika ada dilampirkan KKS, KIS dan sejenisnya)

Yang membutuhkan bisa datang langsung ke kantor yang ada jl. Sunan sedayu, jika dalam menyiapkan berkas ada kendala, nanti akan dibantu oleh AAI.

20180214_143237

20180214_141037

 

Kita berharap tidak ada satupun dari kita, baik sanak saudara, tetangga ataupun keturunan anak cucu kita terkena narkoba…hanya kasih sayang dan perhatian orang tua yang bisa melindungi itu semua juga sentuhan rohani..

Saat ini BNN telah bekerja sama dengan PT. Kimia farma dalam penyediaan test pack untuk narkoba.

Bagi warga yang hatinya terpanggil untuk menolong bisa menjadi bagian salah satu Mitra Laskar GNPMN ( akan ada pelatihan yg diberikan dimana yang akan memberikan pelatihan adalah setingkat jendral ).. contoh form terlampir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *