LRTJ di hari Pendidikan Nasional, mengedukasi masyarakat tentang budaya baru bertransportasi publik yang baik

Sebagaiman kita tau bahwa transportasi publik di indonesia belumlah mengena di hati masyarakat. Selain belum tersebar secara merata jalur operasionalnya, transportasi publik juga belum merata untuk ramah kepada penumpang apalagi ramah lingkungan.

Dengan berbagai permasalahan yang ada di indonesia, terutama DKI jakarta yang sangat padat aktivitas produktifnya mendorong Pemprov DKI bekerja sama dengan Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk membangun moda transportasi masal yang ramah lingkungan tetapi juga ramah penumpang dari anak kecil, dewasa sampai disabilitas juga mampu berintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya.

Pada saat acara kemarin dihari pendidikan nasional tanggal 02 mei 2019 yang bertempat di stasiun Veldrome LRT kami dari 150 peserta undangan diajak untuk merasakan perjalanan menggunakan LRT, dalam waktu 13 menit dengan jarak 5,8 km kami melewati 6 Stasiun fase 1, yaitu dari mulai Stasiun Veldrome, Stasiun Equestrian, Stasiun Pulomas, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Boulevard Utara dan Stasiun Pegangsaan Dua yang tidak lain adalah Depo dari LRT Fase 1.

Tamu undangan yang ikut merasakan perjalanan LRT ini adalah : pelajar dan Guru Sekolah Dasar yang ada di dekat Stasiun Veldrome , SMP , SMA dan perwakilan dari kampus UNJ , Penyandang Disabilitas dan Blogger.

Pada saat hendak menaiki kereta..Pertama tama kami dikenalkan dengan Ticket Vending Machine , yaitu mesin tiket otomatis yang akan mengeluarkan tiket perjalanan kita…kemudian kita berjalan memasuki ruangan tunggu dengan tertib berdiri di sebalah kiri pintu masuk tempat kereta akan berhenti , sebelah kanan kita kosongkan karena untuk penumpang turun dari stasiun.

 

Peraturannya adalah..kita tidak boleh menyebrang ataupun membuka paksa pintu kereta LRT melewati batas kaca tertutup tempat kita berdiri , karena kereta LRT mengandung listrik berkekuatan tinggi..so jangan coba coba ya ga ngikuti aturan 😁, bahaya banget

Mungkin bagi yang mengerti kereta listrik pasti akan bertanya, apa yang akan terjadi jika listrik mati? Apakah LRT akan berhenti stuck seperti KRL dalam kota yang selama ini terjadi..dan kereta baru akan jalan kembali kalau listik sudah hidup?
Tidak akan terjadi LRT mati , atau kereta LRT tidak akan berhenti jalan karena listrik mati..

LRT memiliki listrik Premium sendiri..jadi LRT tetap akan jalan walau listrik di sekitarnya mati. Dan apabila kereta LRT mati karena suatu hal..akan ada kereta yang mendereknya..

Kemudian saat di dalam perjalanan, saya melihat langsung bangaimana keramah tamahan Passenger Service Agent ( PSA ) LRT Jakarta yang bertugas sebagai pendamping Disabilitas sangat sangat membantu, dan meraka bisa mengerti bahasa isyarat dan mampu menggunakan huruf dalam bahasa isyarat.

PSA LRT sebelumnya sudah dibekali ilmu untuk bisa berbicara dalam bahasa isyarat, dan juga mampu menggunakan huruf dalam bahasa isyarat..

Ga heran ya mereka sangat cekatan dalam mendampingi , membantu dan menjelaskan tentang pertanyaan dari penumpang disabilitas
Saya sangat kagum dan baru pertama sekali melihat petugas yang bekerja di transportasi publik mampu berbahasa isyarat….Bravo PSA LRT jaga terus prestasi PSA kamu..

Selain petugasnya yang sangat exelent dalam memegang hospitalily..LRT juga akan berusaha untuk memenuhi permintaan jam pelayanan, yaitu :
Week Days : Jam 06.00 – 21.00.
Week Ends : Jam 07.00 – 23.00.

Semoga dengan adanya LRT beroperasi , kemacetan teruraikan dan kwalitas hidup pemakai jasa transportasi LRT lebih baik lagi karena bisa lebih cepat tiba ke kantor dan bisa cepat pulang ke rumah.

Maju terus Indonesiaku..Maju terus Bangsanya…

19 thoughts on “LRTJ di hari Pendidikan Nasional, mengedukasi masyarakat tentang budaya baru bertransportasi publik yang baik

  1. Aku belum pernah neh naik beginian, pernahnya dulu naik kereta yg biasa banget zaman jadul sama naik kereta yg biasa itu yg tujuan ke daerah gitu dan bikin pusing. Hehe

    Jadi pengen nyobain ini juga deh.

  2. Pemerintah sudah menyediakan transportasi berbagai macam, maka kita pengguna nya harus bisa menjaga dengan baik ya kak, biar awet biar anyaman dan aman selama di perjalanan.

  3. Pemerintah sudah menyediakan transportasi umum tinggal kita sebagai penggunanya harus memakai dan merawatnya ya kak, biar ga cepat rusak biar terus bersih dan bepergian pun jado aman dan nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *