Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi dengan Stimulasi dan Manfaat Pijat

Pada tanggal 26 juni 2019 bertempat di hotel Grand Mahakam Blok M , dr. Bernie menjadi pembicara mengenai ” Pijat bayi dan Manfaat Bagi tumbuh Kembang si Kecil.

 

Berbicara mengenai tumbuh kembang..
1000 Hari pertama Kelahiran merupakan cikal bakal perkembangan optimal bagi anak, ini tidak terjadi pada saat usia lain. Hal ini sebabkan karena sejak di dalam kandungan hingga si dedek berusia 2 tahun merupakan periode emas atau biasa disebut juga sebagai window of opportunities.

 

1000 HPK juga sering di sebut periode sensitif karena pada periode ini terjadi perkembangan otak manusia yang sangat cepat dan sangat menentukan masa depannya kelak.

 

Sebagaimana kita ketahui bahwa bayi yang baru lahir dengan berat badan rata rata 2500gram memiliki berat otak sebesar 400gram.
Pada usia 3 tahun, berat otaknya akan mencapai 1100gram, dapat di lihat usia 1 hingga 2 tahun berat otak tumbuh cepat sekitar 700gram.
Sedangkan berat otak orang dewasa sendiri adalah 1700gram.

 

Kenapa kita wajib memperhatikan 2 tahun pertama ini, karena pada saat golden age inilah terjadi Tumbuh Kembang yang optimal.

 

Tumbuh :
Terjadi adanya perubahan ukuran fisiknya dapat di lihat dari berat badan, tinggi badan hingga lingkar kepalanya.

 

Berkembang :
Maturasi ( kematangan ) dari tubuh si bayi seperti contohnya : panca indranya (kulit, mata , telinga, hidung dan lidah ) begitu juga motorik, pikiran dan pola pikirnya .

 

Bagaimana agar tumbuh optimal?
1. Dengan pemberian Asi.

2. Dengan cara memberikan stimulasi pada :
Motorik Halus : Bahasa, interaksi sosial…
Motorik Kasar : Berlari, duduk..

 

Selain memberikan stimulasi, nutrisi juga sangat dibutuhkan begitu juga dengan stimulasi fisiknya.

 

Salah satu stimulasi fisik yang dapat dilakukan antara ibu dan bayi adalah melakukan pijatan.

 

Tanggal 26 juni 2019,  saat acara di Hotel Gran Mahakam Blok M, ibu Emillya Eventha selaku Expert instruktur pijat bayi membagikan ilmunya bagaimana melakukan pijatan yang baik dan benar.

 

Pijatan untuk bayi yang baru lahir sangat di sarankan , disinilah terjadi bonding kedekatan antara ibu dan si bayi yang secara emosional akan membuat bayi menjadi relax, nyaman dan sentuhan cinta juga membuat ibu menjadi lebih sayang ( salah satu therapi post partum syndrom )

 

Apa saja manfaat dari Pijatan pada bayi tersebut :

  • membuat  peredaran darah bayi menjadi lancar dan sehat.
  • dapat memperkuat kekebalan tubuh.
  • memperlancar pencernaan bayi dengan menambah napsu makan, mencerna, dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi.
  • membantu bayi untuk dapat relaksasi, sehingga tidur lebih nyenyak, dan lebih lama.
  • membantu meredakan ketidaknyamanan pada bayi (kolik, tumbuh gigi).
  • membantu memperkuat masa tulang.
  • meningkatkan ikatan emosional bayi dengan orang tua karena meningkatkan produksi hormon oksitosin bagi bayi dan juga ibu (hormon yang membuat merasa nyaman dan dicintai).

Hasil Riset dari penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yang penting dan dibutuhkaan untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat optimal.

informasi lengkapnya mengenai pijatan bayi ini bisa didapatkan di link website: https://www.johnsonsbaby.co.id/pijat-bayi-untuk-tumbuh-kembang-bayi-optimal#gWCvrtD5x6BwFu7R.97

 

Pijat sendiri atau bisa kita sebut sebagai sentuhan cinta, bisa dilakukan pada 2 waktu, yaitu sebelum dan sesudah mandi.
Sebelum mandi di lakukan pada pagi hari , setelah  bangun pagi..yang digunakan adalah baby oil..setelah melakukan pijat baru mandi dan pemberian lotion ke tubuh si dedek. Setelah mandi , yaitu diwaktu sore hari atau malam hari…Sebagai oil massagenya kita dapat melakukan pijatannya menggunakan lotion..

 

Bagian mana saja yang disarankan untuk di pijat dan urut urutannya,  adalah :
1. Pijatan Wajah.
2. Pijatan Dada.
3. Pijatan Perut.
4. Pijatan Tangan.
5. Pijatan Punggung.
6. Pijatan kaki.

Rangkaian produk dari JOHNSON’S BABY dapat digunakan sebagai oil massage dari mulai baby oil, hingga lotionnya.

 

Untuk produk terbaru untuk new born seperti yang aku pegang, yaitu sabun from Top – to – toe Johnson’s Milk + Rice Hair And Body Baby Bath , sangat aman bagi kulit bayi sensitif sekalipun.

 

 

Selain itu  JOHNSON’S BABY juga memiliki produk yang komplit untuk bayi yang baru lahir hingga balita, seperti : Shampoo, Baby Bath Liquid dan Baby Bath Soap, Baby Powder , Baby Lotion, Baby Cologne, dan Baby Oil dengan berbagai varian wewangian yang lembut dan menenangkan.

 

JOHNSON’S sendiri telah 2x memecahkan rekor muri dalam melakukan pijat baby dan melibatkan para bidan juga ibu ibu antusias lainnya yang mengerti dan ingin tahu tentang manfaat pijat bayi bagi stimulasi tumbuh kembang anak.

 

JOHNSON’S juga telah  membantu membangun posyandu  di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur , hasil donasi dari setiap pembelanjaan produk JOHNSON’S BABY. Bagi  ibu lainnya juga bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak dengan cara berdonasi melalui pembelian produk JOHNSONS’S Oil 125ml/ Top – to – Toe Bath 400m / Baby lotion 200ml di indomaret, carefour, Superindo, Guardian, giant, Alfamidi dan toko toko lainnya yang bekerjasama.  Pada setiap pembelian minimal 25.000 , JOHNSON’S akan menyisihkan Rp. 500,- . Dalam menjalankan kampanye tersebut, JOHNSON® bekerja sama dengan Habitat For Humanity.

 

Untuk lebih jelasnya mengenai kampanye Sentuhan Cinta ini, silahkan kunjungi website : https://www.johnsonsbaby.co.id/sentuhancinta?utm_source=UrbanMama&utm_medium=Article&utm_campange=Sentuhan-Cinta

 

JOHNSON’S® juga melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari johnson’s untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. Tunggu kehadirannya ya bu..

 

Jangan lupa untuk kunjungi akun Instagram resmi JOHNSON’S® @JohnsonsBaby_id dan Facebook @JohnsonsBabyIndonesia.

 

#SentuhanCinta
#JohnsonsBabyid
#PijatBayi

37 thoughts on “Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi dengan Stimulasi dan Manfaat Pijat

  1. Belajar pijat bayi sebelum lahiran ya mommy nanti gk usah repot lagi kebubidan urut babynya karena sudah ngerti ☺️👍

  2. Setuju banget kalau pijat bayi yang di lakukan orangtua memiliki banyak manfaat. Dulu pernah gabung d grup khursus pijat bayi oleh DSA dgn ttl CIMI. Nah byk parents yang sharing kalau anaknya beratnya nambah lah setelah dipijat. Tidurnya jadi lbh pules lah. Banyak bgt benefit pijat bayi ini ya.

  3. Sabun top to toe milk + rice ini wanginya enak banget ya. Lebih enaknya lagi bisa dipakai untuk seluruh tubuh dan rambut, jadi cocok untuk dibawa bepergian. Pijat bayi juga bisa mempererat hubungan ibu dan bayi ya bun. Harus belajar pijat2 simple nih.

  4. Dulu kampanyenya Johnson’s bernama Save the Children. Sekarang namanya ganti jadi Sentuhan Cinta. Tapi intinya sama-sama aja, mengajak orang-orang untuk memijat bayi-bayi mereka.

  5. Anakku sampai sekarang umur 5th kalau mau tidur pasti minta dipijat dulu, karena emang jadi lebih nyenyak banget dia tidurnya. Dari bayi memang sudah sering dipijat tapi aku gak mijat sendiri, nah sekarang kalau dirumah minta pijat aku selalu pakai si Johnson’s yang body lotion lavender.

  6. Anakku dulu BBLR dan sering disarankan pijat mbak. Emang sentuhan2 terutama pijatan ibu akan membuat bayi nyaman, trus bobonya nyenyak dan jd doyan nyusu/ makan. Jdnya pertumbuhan anak pun lbh baik.

  7. Ternyata pijat bayi bisa bikin memperkuat massa tulang ya mom, ak baru tau nih. Dan jadi pengen belajar juga buat pijat bayi, untuk persiapan masa depan nih.

  8. Setelah baca beberapa artikel pijat baby aku jadi jarang pake jasa pijat bayi, kalau anak sakit atau seminggu sekali pasti aku pijat sendiri aja deh. Anak juga lebih anteng menikmati ya

  9. Acaranya seru banget mba, jadi lebih tahu banyak ya mba soal pijat memijat bayi. Dan, yang menariknya adalah sentuhan pijat ibu ini dapat sekaligus menstimulasi si kecil ya mbaa.

  10. Very good and useful information you wrote. I personally needed it and the rest of my colleagues .

    Keep writing the excellence. I look fwd to next ones. Thanks cheers, M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *