Asupan Serat Harian Terbukti Mampu Memperbaiki Kesehatan Saluran Cerna

Launching Fibre O Meter

Pada saat Bicara Gizi “Peranan Serat Untuk Dukung Kesehatan Pencernaan Anak , pada tanggal 4 Maret 2019 bertempat di Restoran KAUM Jakarta, Bebelac mengundang Prof. Dr. Badriul Hegar ,Sp. A (K) Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) , Yang merupakan Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi.

Bebelac yang masuk dalam group Danone Spesialized Nutrition Indonesia sangat concern dengan kesehatan anak. Sehingga kali ini Bicara Gizi membahas hasil penelitian terbaru mengenai “pengaruh serat terhadap kesehatan saluran cerna anak”

Prof Hegar memaparkan hasil penelitiannya bahwa bayi yang mendapatkan Asi Exclusive akan mengalami buang air besar yang sering , sehari bisa 8 – 10x agak cair. Ini sangat normal karena pada saat bayi lahir, enzyme lactase pada saluran cerna bayi masih kurang, sehingga enzyme ini menarik cairan.

Ada sebanyak 2% bayi yang menerima ASI Exclusive tidak pub dalam 1 minggu tetapi ini masih normal. Kita tidak perlu hawatir selagi bayi masih aman ( tidak rewel ataupun mengejan) .

Dari hasil penelitian sebanyak 1 % tinja bayi Asi Exclusive mengalami tinja keras, dan 9% pada bayi yang mengkonsumsi susu formula .

Pada anak anak sebayak 18% mengalami konstipasi fungsional, Yaitu pada saat itu anak anak sedikit sekali yang mengkonsumsi serat.

Kapan anak usia dibawah 4 tahun termasuk bayi masuk dalam kategori konstipasi fungsional? Jika terdapat 2 ciri dari 5 point dibawah ini :

  1. Defikasinya kurang dari 2x seminggu
  2. Tinjanya diameternya besar dan kering dan keras
  3. Fesesnya tertahan
  4. Mengejan yang sangat sakit
  5. Masa tinja yang besar pada rektum.

Jika hal diatas terjadi , maka anak kita sudah termasuk dalam katagori konstipasi fungsional. Hal ini wajib segera untuk di intervensi (harus segera dibawa ke dokter untuk diberi obat) karena dihawatirkan anak akan mengalami trauma untuk pub.

Pada umumnya setiap anak pasti mengalami pola defikasi fungsional , ini wajar jika anak kurang makan makanan berserat.

Banyak penelitian yang menyiratkan masalah kebutuhan Serat ini karena Serat mampu memperbaiki pola buang besar pada anak.

Dari hasil data Nasional memperlihatkan kebutuhan serat di usia anak 1- 3 adalah 16gram/hari, sedangkan anak anak indonesia hanya mengkonsumsinya hanya setengah nya saja dari kebutuhan serat yang di butuhkan.

Untuk anak usia diatas 5 thn dibutuhkan 300gram/hari.

Serat ketika masuk ke dalam usus besar, akan di fermentasi oleh bakteri yang terdapat di dalam usus besar. Hasilnya adalah asam, akibatnya tekanan di dalam usus menjadi meningkat dan menarik cairan sehingga mendorong. Serat mampu meningkatkan gerakan peristaltik, juga meningkatkan mikrobiota juga gas , sehingga membuat usus besar melebar dan mampu mendorong ke bawah.

Ketika serat masuk ke dalm usus besar, dia akan menyerap cairan yang ada di dalam sel, kemudian masuk ke dalam lumen usus dan mengakibatnya produksi feses bertambah sehingga merenggang dan mendorong ke bawah, yang otomatis menjadi lunak dan semakin cepat keluar dari dalam saluran cerna.

Fibre O Meter

Dari fakta diatas mengenai fungsi dan peran serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , Danone Specialized Nutrition Indonesia meluncurkan inovasi terbaru dalam membantu orang tua untuk memastikan kecukupan serat harian anak , yaitu Fibre O meter , yang ada di dalam kanal bebeclub

Tampilan Fibre O Meter di aplikasi Bebeclub

Orang tua dapat memantau kecukupan serat harian anak dengan mudah menggunakan fitur Fibre O meter ini dengan cara memasukkan riwayat menu makanan dan memberikan gambaran akan pemenuhan serat untuk si kecil juga dapat mendeteksi apakah anak kita kekurangan serat atau tidak.

Saat di acara ini Tara Budimana dan Istri telah mencoba menghitung serat yang dikonsumsi oleh anaknya menggunakan Fibre O meter.

Bersama sama menghitung serat dengan Fibre O Meter

Pesan dari Prof .Dr. Badriul Hegar , Sp.A kita sebagai orang tua bagaimana agar asupan serat anak kita terpenuhi, cobalah untuk memvariasikan makanan bukan dengan menggantikannya dengan susu formula sebanyak banyaknya, sehingga anak kita kenyang dan tidak mau lagi untuk makan.

Mensiasati Serat Pada Si Kecil

Salah satu sumber serat dalam menu makan sehari – hari selain sayuran adalah buah. Tapi pada anak yang pemilih, sangat sulit untuk mengajarkannya makan buah , apalagi sayuran. Karena itu kita bisa mensiasatinya dalam bentuk jus. Selain rasanya relatif lebih enak, lebih praktis untuk dihabiskan si kecil.

Untuk anak usia 6-12 bulan, pemberiann jus tidak lebih dr 120mL. Jumlah ini untuk membatasi agar anak tdk terlalu kenyang dan mengurangi porsi makan utama berikutnya. Untuk anak usia 1-6 tahun, boleh berikan sekitar 120-180mL jus per hari.

Jika memberikannya dalam bentuk siap saji, wajib memperhatikan kandungan gizi di balik kemasan tersebut dan perhatikan jumlah kalori serta kandungan gula yang ada di dalam kemasan.

Selamat mencoba..

75 Balasan untuk “Asupan Serat Harian Terbukti Mampu Memperbaiki Kesehatan Saluran Cerna”

  1. Pesan di paragraf terakhirnya saya setuju banget. Ini memang sering kejadian di para ibu yang masih memiliki anak kecil. Banyak yang bilang kalau anaknya susah makan. Tetapi, bisa jadi sebetulnya karena sudah kekenyangan minum susu

  2. pastinya masih banyak banget ya orangtua yang kurang memahami manfaat serat untuk anaknya. Seneng banget deh dengan edukasi dari Bebelac ini.. makasi sharingnya juga ya maaaak

  3. Saya juga suka bikin patokan sendiri kalau bab anak susah dan keras, itu tandanya anak kurang konsumsi serat. Maka segera perbanyak sayur dan buah. Hasilnya, ya perlahan anak lancar lagi tuh buang air besarnya…

  4. penting banget memang ketika anak-anak saat ini melihat trend makanan yang serem kalo kita ga jaga asupan mereka ya, utamanya serat untuk tumbuh kembang karena pengaruh banget di pencernaannya

  5. Alhamdulillah untuk keponakanku diberi ASI ekslusif sama adikku, emang dibantu Sufor juga sih tapi kalau lagi bepergian aja.
    Soalnya selain lebih baik, ASI ekslusif juga baik banget untuk anak seusia ponakanku 19 bulan.

  6. Informasinya bermanfaat sekali, Mbak. Ternyata asupan serat juga sama bermanfaatnya dengan nutrisi lain seperti protein ya. Kalau pencernaan anak sehat tentu dia bisa lebih ceria.

  7. Wah, zaman now makin canggih ya. Ada alat buat cek kadar serat dalam tubuh kita, Fibre O Meter 😊 Iyaaaa lho, suka kasihan lihat anak jika terkena konstipasi. Perut terasa kembung jadi ga mau makan deh.

  8. Asupan serat memang penting. Kita aja yang dewasa kalau bab keras bikin kesel, menyiksa. Apalagi anak-anak.

    Jadi kita harus berubah, makin pintar siasati anak-anak supaya doyan serat

  9. Hingga anakku yang kecil umur 10 tahun ini pun aku masih juga cek kebutuhan serat dan bahkan cek atau nanya dia mba terkait BA. Soalnya kasian kalau sembelit. Asupan serat itu emang penting banget

  10. Konstipasi memang menimbulkan banyak masalah kesehatan untuk anak ya, tapi masalahnya anak susah banget makan makanan yang berserat atau justru orangtua susah menakar angka kecukupan serat anak, karenanya aku antusias banget dengan fitur Fibre on Meter…inovasi keren nih buat bantu ibu rumah tangga.

  11. Anak saya yang kedua saat masih ASI Eksklusif, termasuk yang pupnya hampir 1 minggu jedanya, awalnya sempet panik ini kenapa yaaa. Padahal sayanya tiap hari makan sayur dan buah. Setelah mendapat penjelasan dari Dokter dan baca-baca artikel, barulah tenangggg

  12. Saya baru tahu mbak ternyata kebutuhan serat untuk anak umur 5 tahun sampai dengan 300gr. Jadi harus ditambahi nih, beberapa kali si kecil juga mengalami konstipasi jadi kasihan banget. Bagus juga sus fiber untuk anak ini ya mbak.

  13. Mbaa, sepertinya aku juga harus cek ke Fibre O nih buat tau kecukupan serat anakku, soalnya terkadang pup nya agak keras, kalau sudah mengejan, kadang sampai kasian ngeliatnya. Salut juga buat Bebelac se inovatif ini concern akan kesehatan saluran cerna anak 🙂

  14. Wah, dapet ilmu lagi nih. Btw, serat emang penting banget ya mbak kalo gak mau susah BAB. Gak bayangin anak-anak kalo kurang serat, pasti tersiksa banget. Kita kalo susah BAB aja rasanya gaenak banget.

  15. Masalah pencernaan memang yang paling sering terjadi sama anak saya sewaktu bayi. Sering banget susah pup dulu sampai dia nangis-nangis gitu . Belum paham soal kebutuhan serat yang tepat

  16. Indeed ASI adalah makanan terbaik bagi seorang bayi yah Mbak. Membaca ini jadi menyadari bahwa peran seseorang ibu memang detail ya pada setiap perkembangan buah hati.

  17. Memang anak-anak harus diperhatikan dengan benar kebutuhan seratnya, berhubung seperti halnya anakku sukanya telur goreng, nasi goreng, juga ayam goreng. Nah, kan baca ini jadi peer buat saya biar lebih memperhatikan kebutuhan seratnya

  18. anak-anak emang harus dipastikan kesehatan saluran pencernaannya ya moms dan Bebelac hadirkan fibre o meter ini untuk kecukupan kebutuhan serat harian si kecil

  19. Susu yang bagus banget buat pencernaan anak ya mom soalnya bnyak anak yang kurang menyukai sayuran dan buah jadi ini pas bngt buat anak jadi gak susah buang air besar

  20. Wuah keren banget niy infonya, makasih udh berbagi. Kebetulan anakku umur 3 tahun, alhamdulillah senang sayur dan buah jadi BAB relatif lancar tiap hari, nanti bisa coba dihitung pakai Fibre O Meter yaa…mantabs

  21. Bagus banget yah susunya untuk kesehatan pencernaan si kecil. Kandungan seratnya banyak. Soalnya banyak anak yang susah makan sayur yah. Dengan susu ini jadi mom ga khawatir lagi

  22. Baca artikel ini jadi lebih care sama asupan serat anak mbak. Apalagi si kecil di masa pertumbuhannya butuh serat yang cukup.

  23. Serat emang jadi concern banget buat anak ya mom. Apalagi aku pernah ngelewatin masa2 anak sembelit, wah itu uring2annya sampe ke ubun2 deh kasian liat anak susah pup. Untung ada fiber meter skrg bisa membantu menghitung asupan serat anak ya mom.

  24. Anak anak susah kalau urusan makan serat. Makanya kita yang harus perhatikan kebutuhan serat mereka dan kreatif dalam membuat masakan. Jangan sampai deh anak bab tidak lancar

  25. Memang spenting itu yaa serat buat pencernaan
    anakku pernah kekurangan makan sayur, eeh sembelit dong berhari-hari. sedih banget lihatnya :(. kapok akuuu. sekarang bikin camilan buatnya pasti aku selipin sayur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *