Cara mudah mengajarkan anak mahir berbahasa inggris

Sebagian orang tua pasti berharap anaknya bisa berbahasa asing sedari kecil. Berbagai stimulus ( les, sekolah bilingual) diberikan agar anak mau dan terbiasa menggunakan bahasa asing.

Kenapa sih orang tua berharap anak anaknya terbiasa menggunakan bahasa asing, contohnya : bahasa inggris?

Pastinya kita tau kalau bahasa inggris merupakan bahasa komunikasi terluas yang bisa digunakan dinegara manapun.

Kita sebagai orang tua juga pasti tau kalau kedepannya semua aspek menuntut kita untuk faham dan mengerti dengan bahasa inggris, baik orang dewasa maupun anak kecil.

Disetiap kompetisi ataupun disetiap peluang apapun banyak sekali yang basicnya menggunakan bahasa inggris, jangan sampai gara – gara kita tidak bisa berbahasa inggris, peluang tersebut hilang.

Sebagai contoh, pernah kan mendengar anak2 indonesia yang berprestasi dikancah internasional, kemudian mereka wajib tinggal di negara tersebut beberapa hari atau beberapa bulan, kira-kira cara berkomunikasi mereka dengan teman temannya menggunakan bahasa apa ya ? Pastinya bahasa inggris, ya kan..

Disini kita sebagai orang tua wajib membuat planing dan mengasah potensi anak-anak kita, supaya program program yang biasanya dijalankan oleh banyak pihak bisa kita serap semaksimal mungkin, Contohnya : beasiswa. Banyak sekali program beasiswa bertebaran dimana mana dari mulai provinsi, pemerintah pusat hingga luar negeri.

suatu saat kita ga tau anak anak kita akan jadi pemimpin dimana, seperti yang dikatakan ahli agama, anak anak kita merupakan calon pemimpin akhir zaman.

Ada yang bilang kalau anak kecil tidak boleh belajar banyak bahasa, bisa menyebabkan bingung bahasa.

Kita pasti sering mendengar istilah “bingung bahasa” jika anak terlalu dini diajarkan bahasa asing, kecuali orang tuanya salah satu ada yang orang asing.

Ternyata beberapa ahli psikologi anak berpendapat kalau bingung bahasa tidak akan terjadi pada anak anak kita karena otak anak itu sangat unik, dia pintar dalam menyerap dan pintar dalam menyesuaikan.

Sedini mungkin anak kita diajarkan berbagai macam bahasa/ketrampilan semakin bagus otak anak berkembang, karena ini merupakan salah satu stimulus kognetif.

Seperti anak saya yang pertama, Haraka dari usia 2,5 tahun sudah fasih berbahasa inggris. Karena sering mendengarkan percakapan bahasa inggris di film kesukaannya.

Begitu juga dengan kedua adik adiknya juga sangat mengerti dan bisa berucap menggunakan bahasa inggris di kesehariannya.

Saya dan suami asli orang indonesia, saya aceh dan suami orang padang. Kami berdua keseharian menggunakan bahasa indonesia dan kami belum pernah tinggal di luar indonesia.

Walau kedua orang tuanya bukan orang asing, tapi haraka bisa dengan mudah menyerap bahasa inggris yang dia dengar setiap hari. Dan Saya mulai menggunakan bahasa inggris sehari hari setelah haraka bisa berbahasa inggris.

Berikut tips cara menstimulus anak agar cepat berbahasa inggris sedari kecil :

  1. Mendengarkan lagu
    Banyak sekali lagu- lagu anak bahasa inggris yang sangat mudah diserap contohnya : lagu lagu : Super Simple Song, Badanamu Songs
  2. Bermain Games
    Bermain games bersama merupakan bonding, ini juga bisa sebagai momen untuk bermain games bersama.
  3. Menonton Film
    Di youtube banyak sekali film animasi yang lucu2, bisa juga menonton youtube review anak2 seperti Ryan Toys Review, Hubby Kids TV, Number of Block
  4. Membacakan Buku.
    Buku buku bahasa inggris banyak sekali dijual, setiap toko buku pasti menyediakan buku bacaan yang ada text bahasa inggrisnya.
  5. Latihan dirumah.
    Bisa setiap hari menggunakan bahasa inggris di rumah atau pada hari2 tertentu yang kusus menggunakan bahasa asing full.

Kunci kesuksesan dari semua poin diatas adalah konsistensi semakin sering di dengarkan, semakin sering diucapkan akan cepat disimpan di dalam memori dan semakin fleksibel lidah anak dalam mengucapkan bahasa inggris dengan baik.

Tips diatas juga bisa kita gunakan bagi orang dewasa yang ingin mahir berbahasa inggris.

Seperti saya dan haraka yang setiap hari selalu mendengarkan percakapan bahasa inggris dan selalu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.

Ketika ngobrol dengan saya , dia akan menggunakan bahasa inggris, ketika ngobrol dengan papanya dia akan berbicara menggunakan bahasa indonesia.

Begitu juga saat ngobrol dengan omanya yang kadang ga terlalu faham bahasa diantara mereka berdua, haraka akan menggunakan bahasa isyarat sambil mengucapkan bahasa inggris ke oma nya.

Alhamdulilah diusia 7,5 tahun anak saya masih lancar menggunakan bahasa inggris dan juga lancar menggunakan bahasa indonesia.

Semoga cukup membantu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *