Saluran pencernaan yang baik mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak di masa pandemi

Raysha Adeeba Vallerie Dalvian….. ini nama anak kedua saya, usianya hampir 5 tahun. Anak perempuan yang gemesin kalau ngomong dan suka komplen terutama mengenai perbedaan jumlah mainan yang dimiliki abangnya.

Kakak…kakak Vallerie… saya pangil namanya saat bangun tidur. Vallerie datang mendekat dan bilang dengan bahasa campuran indonesia dan inggris “mami kenapa aku ga seperti abang, abang punya hp tetapi aku tidak, kenapa abang Haraka selalu dapat apa yang ia inginkan, sedangkan aku tidak mami…”

Pagi yang luar biasa… mendengarkan si kakak mengungkapkan perasaannya yang selama ini selalu di pendam dan ga pernah mengeluh. Kaget melihat vallerie sudah pintar mengungkapkan perasaannya.

Vallerie memang selalu cemburu dengan abangnya, begitu juga sebaliknya. Sama adik zizi juga terkadang Vallerie cemburu.

Saat vallerie berusia 3 tahun, adik zizi lahir. Jiwa menjadi seorang kakaknya baru muncul setelah adik zizi berusia 1 tahun, berbeda dengan abangnya yang langsung jadi penyayang sewaktu adik zizi lahir. Sedangkan dengan Vallerie, sikap Haraka biasa-biasa saja.

Vallerie, Zizi dan Abang Haraka hampir tidak pernah keluar rumah. Mereka sudah betah dan mulai malas ke luar rumah karena harus mandi dan ganti baju kembali sehabis main dari luar rumah.

Karena hampir tidak pernah keluar rumah, saya sediakan mainan edukasi yang bisa dimainkan mereka bertiga, sehingga rutinitas bonding yang dilakukan, membuat mereka lebih kompak dan mengurangi rasa cemburu diantara mereka bertiga.

Alhamdulilah mereka jadi tambah sehat. Selama pandemi 1 tahun kebelakang hanya sekali mengalami flu, tularan daddynya. Tapi ga lama mereka sembuh. Ini sisi positif dari pandemi yang selalu saya syukuri, anak-anak jadi tambah sehat karena ga kemana mana.

Di rumah, saya jadi orang yang paling di cari. Ada yang manggil minta makan, ada yang manggil minta ditemani main dan tiba tiba ada lagi yang manggil bilang lapar… “Mami aku laparr..aku mau makan lagi, perut aku terasa laparr sekali…dan saya langsung bilang: … “ya allahh nak…baru 15 menit yang lalu kan selesai makannya, mami baru aja duduk”

Saya jadi ingat kata kata dokter anak, emosi yang sering terjadi pada anak, biasanya karena saluran pencernaannya kurang baik. Kalau pencernaan anak kurang baik, gampang emosian, tidak fokus dan susah untuk arahkan.

Manfaat saluran pencernaan

Saluran pencernaan merupakan tempat proses penyerapan terjadi di dalam tubuh. Proses penyerapan akan menghasilkan energi dan beragam jenis nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Air dan serat merupakan dua faktor penting yang sangat dibutuhkan untuk kelancaran proses pencernaan dan penyerapan makanan. Termasuk bakteri baik juga sangat berperan penting di dalam proses kerja saluran pencernaan.

Selain berfungsi untuk mencerna, memecah, dan menyerap nutrisi, saluran pencernaan juga menjadi tempat imunitas tubuh di produksi. 70% sistem pertahanan tubuh diproduksi di dalam saluran pencernaan.

Ada banyak sekali sel saraf di dalam saluran pencernaan. Jumlahnya hampir sebayak sel saraf yang ada di dalam otak. Ini kenapa ilmuan mengatakan saluran cerna merupakan otak ke 2 manusia.

Anak yang saluran pencernaan sehat, membuat tubuhnya kuat dan tidak gampang sakit. Kualitas hidupnya hingga dewasapun akan terjaga.

Saluran pencernaan juga mengatur kondisi mood anak (emosi). Anak yang perutnya kosong, dia pasti uring uringan, emosinya ga terkontrol dan sering tantrum. Kondisi ini tidak boleh terlalu lama dibiarkan karena akan membentuk karakter anak yang tempramen. Anak harus dibentuk jadi anak yang bahagia.

Saluran pencernaan anak yang baik membuat anak bahagia, ini bisa mempengaruhi kepintaran kognetifnya. Ia akan cepat tanggap karena asupan gizi seimbang yang diasup menutrisi otaknya. Dan juga stimulasi dari lingkungan maupun kedua orangtuanya.

Menjaga saluran pencernaan anak juga dengan menjaga kebersihan makanan yang diasup dan kebersihan peralatan makannya.

Di masa pandemi, menjaga daya tahan tubuh anak bisa juga dengan bermain ke alam bebas sesekali. Tetapi ketika keluar rumah tidak berkumpul dengan orang-orang dan menjalankan potokol kesehatan yang baik.

Catatan kita sebagai orang tua : jika anak sering sakit, coba perhatikan pola makan si kecil, apakah teratur atau tidak dan apakah kaya serat atau tidak.

Menjaga Saluran Pencernaan Anak Disaat Pandemi

Sebagai orang tua kita wajib sekali memperhatikan kesehatan saluran pencernaan anak kita. Karena kesehatan pencernaan anak yang baik, cerminan gaya hidup yang dijalankan. Ini akan berdampak hingga dia dewasa kelak. Kesehatan pencernaan anak merupakan aset penting yang perlu dijaga di masa pandemi ini.

Bagaimana cara menjaga saluran pencernaan kita? Selalu memenuhi kebutuhan asupan serat harian anak, mineral (zink dan selenium), asam folat dan keseimbangan flora. Jika semuanya terpenuhi, otomatis penyerapan nutrisi di dalam saluran pencernaan anak akan optimal (dr. Muliaman mansyur, Head of Medical, KALBE Nutrisionals)

Asupan harian anak yang biasa di asup mengandung Macro dan Micro nutrisi. Macro nutrisi : zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, contohnya : karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan Micro nutrisi : zat tambahan yang diperlukan dalam jummlah kecil tetapi berperan penting meningkatkan daya serap di saluran pencernaan.

Jika kita merasa anak kita kurang memenuhi gizi seimbang, kita bisa berikan makanan tambahan yang mengandung vitamin dan mineral.

Makanan tambahan yang simple tapi kaya nutrisi gizi seimbang bisa kita dapatkan di dalam segelas susu. Walau susu banyak mengandung vitamin dan mineral, ibu tetap harus ingat kalau susu bukanlah makanan utama anak. Terlalu banyak memberikan susu membuat anak cepat kenyang yang akhirnya susah disuruh makan.

Pemberian menu gizi seimbang tidak selalu harus mahal, karena kita bisa mengganti menu karbohidrat, protein dan serat setiap hari. Seperti protein, tidak perlu setiap hari menunya daging terus, kita bisa ganti dengan ikan, telur, tempe ataupun daging ayam.

Untuk vitamin jika merasa kurang, dokter anak akan merekomendasikan vitamin yang cocok untuk si kecil.

Morinaga Chil*go mengandung serat inulin yang baik bagi kesehatan saluran cerna anak.

Morinaga Chil*go merupakan minuman susu steril yang mengandung serat pangan Inulin.

Saat di acara virtual press converence 25 maret 2021, dr. Daeng M Faqih,S. H, M.H. menyampaikan, anak sangat membutuhkan serat guna asupan yang di asup bisa diserap menjadi nutrisi untuk kebutuhan tumbuh kembangnya.

Serat inulin yang terkandung di dalam chil*go mampu membuat saluran pencernaan anak menyerap nutrisi secara optimal. Serat inulin bekerja sebagai makanan untuk bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Inulin juga membantu penyerapan kalsium dan mengikat lemak.

Morinaga chil*go mengandung 9 vitamin dan 5 mineral. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Daya tahan tubuh anak meningkat, kuat terhadap infeksi bakteri dan virus. Anak tidak gampang sakit.

Morinaga chil*go tidak meggunakan bahan pengawet karena pembuatannya menggunakan tehnologi strelisasi modern. Inovasi morinaga research center jepang telah mendukung nutrisi dan kesehatan keluarga selama lebih dari 100 tahun .

Morinaga chil*go hadir dengan rasa terbaru yaitu rasa Original. Rasanya yang gurih dan rendah gula mendukung gaya hidup sehat Si Kecil.

Mengkonsumsi chil*go 2 botol/hari disertai edukasi dan stimulasi dapat memberikan dampak positif terhadap daya tahan tubuh pertumbuhan dan kecerdasan anak kita.

Kemasan morinaga chil*go botol plastik berukuran 130ml. Ukuran botolnya yang dinamis, mudah di genggam anak dan botol morinaga chil*go bisa dimanfaatkan untuk prakarya anak anak.

Botol susu morinaga chil*go juga bisa di daur ulang. Anak -anak pasti suka sekali dengan daur ulang. Seperti anak saya yang sudah mengerti mengumpulkan sampah botol susu kesukaannya yang kemudian bisa dikirim ke bank sampah terdekat. Hasil dari daur ulang di bank sampah akan dimasukkan celengan.

Cara dapetin morinaga chil*go gampang banget, tersedia di seluruh mini market dan supermarket seluruh Indonesia. Sebelum belanja cek dulu promo yang ada di face book morinaga, instagram morinaga, twitter atau website morinaga platinum.

Struk belanjaan chil*go bisa ditukarkan menjadi point. Atau bisa juga langsung pesan di home delivery KALcare seperti aku pecinta produk produk KALBE karena kualitasnya bagus dan berkualitas.

Banyak sekali ya manfaat dari morinaga chil*go ini. Jangan sampai ga nyobain rasa terbaru dari morinaga chil*go, rasa original yang hampir sama dengan rasa susu sapi murni.

Selamat mencoba dan selamat berinvestasi kesehatan “saluran pencernaan Si Kecil…”

11 thoughts on “Saluran pencernaan yang baik mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak di masa pandemi

  1. ngomong2 morinaga sejak dulu anak saya konsumsi ini tapi yang susu formulanya..15 tahun yang lalu..sekarang mereka juga konsumsi chil go tapi ga begitu rutin…asal masuk swalayan yg dicomot chil go hehe..skrg kan makin praktis minumnya…rasanya juga enak…diriku saja doyan haha…suka nyicip.. harusnya lebih rutin lagi penting buat pertumbuhan anak..

  2. Setuju banget sama tulisan inii. Pencernaan penting banget buat mood anak:) anakku suka nih chil*go yg rasanya strawbery..

    1. Fathia sama abang sudah dari dulu ya minum susu chil*go nya.
      ..anak anak saya kalau minum susu chil*go amazing banget mom nissa..,Susunya kudu segera diumpetin, kalau ga, bakal habis cuma sekali duduk saja sama mereka bertiga..

  3. Soal kesehatan pencernaan ini memang lagi jadi perhatian banyak pihak ya, bukan hanya tren tapi karena memang ternyata perlu fokus khusus karena mempengaruhi banyak hal. Apalagi kalau buat anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

  4. Menjaga kesehatan dimasa pandemi kaya gini emg sangat penting. Terutama menjaga saluran pencernaan buat anak dengan mengkonsumsi makananan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *