Pentingnya Mengenal Sejarah Dan Para Pahlawan Kemerdekaan.

Berbicara mengenai sejarah para pahlawan nasional, otomatis kita akan selalu teringat akan sejarah para pahlawan kita yang ada pada patung, prasasti, monumen, uang, museum dan benda benda lainnya selain ada di dalam buku ensiklopedia.

Sejarah itu penting, karena berkaitan dengan masa lalu. Sejarah terdiri dari 3 dimensi waktu, yaitu masa lalu, masa kini dan masa depan. Hari ini terjadi karena pengaruh dari masa lalu, masa depan juga tidak mungkin terjadi kalau tidak melewati masa ini.

Sejarah di dalam bahasa inggris disebut dengan histories yang berasal dari 2 suku kata, yaitu “his” ( laki laki ) dan “stories” ( cerita ). Karena pada zaman dulu para pahlawan kebanyakan adalah laki laki.

Dulu sebelum abad ke 19, dimana fhoto dan video belum ada, di setiap kerajaan memiliki juru tulis dan juru lukis sendiri, guna mengabadikan momen yang baik mengenai kerajaan mereka. Makanya Sejarah selalu ada dari para pemenang perang.

Cara mengingat para pahlawan pejuang kemerdekaan

Saat dulu kita sekolah, kita selalu belajar mengenai tokoh tokoh pejuang kemerdekaan indonesia. Kita hapal tokoh tokoh sejarah dari 34 provinsi yang ada di indonesia.

Saat ini pahlawan nasional baru tercatat sebanyak 180 orang, walau yang berjuang lebih dari itu. Untuk mengenang para pahlawan nasional, pemerintah memunculkan para tokoh tersebut di permukaan uang.

Di periode tertentu lembaga pencetak uang (bank indonesia) akan mengganti wajah-wajah tersebut, sehingga semua pahlawan akan bergantian muncul.

Uang merupakan kedaulatan dan simbol suatu negara dan uang selalu identik dengan fhoto para pahlawan nasional. Uang dinegara manapun pasti bergambar para tokoh pahlawan ataupun presiden yang sudah meninggal.

Pada tanggal 28 Agustus 2020, saya mengikuti instagram live teh ani.berta, founder dari female.digest, topiknya mengangkat tema “asiknya belajar sejarah” nara sumbernya adalah kang Asep Kambali, sejarawan , dosen dan juga founder Historia Indonesia.

Kang Asep menceritakan bahwa ia dan 3 kolega sejarahwan yang senior di undang pihak Bank Indonesia untuk merumuskan gambar pahlawan yang akan dimunculkan pada pecahan 75.000 di hari ulang tahun kemerdekaan indonesia.

Uang pecahan 75.000 tersebut merupakan uang ekslusiv yang hanya bisa dimiliki oleh 75 juta orang indonesia. Dan uang pecahan ini tidak akan di cetak lagi. Beruntunglah bagi yang memilikinya.

Kang Asep Kambali juga menceritakan bahwa Bank Indonesia juga sudah pernah mencetak pecahan tertentu pada saat ulang tahun republik indonesia di perayaan yang ke 25 tahun, 40 tahun dan 50 tahun.

Berbedanya uang perayaan hari jadi indonesia ini, bisa dinikmati banyak rakyat indonesia, karena sebelum sebelumnya dicetak dengan nilai yang sangat besar, sehingga hanya orang orang tertentu saja yang bisa memilikinya.

Uang sama dengan sejarah, wajib kita jaga karena nanti akan sangat berharga dan bernilai tinggi. Sama seperti uang 75.000 ini yang kualitas bahannya sangat bagus, tidak mudah lecek dan tidak bisa dipalsukan. Jika kita jaga uang ini hingga beberapa puluh tahun kedepan, bisa dibayangkan berapa tinggi nilainya nanti..

Seperti yang kita ketahui, belum lama ini saja uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit serta uang Rp500 tahun emisi 1991 dijual dengan harga fantastis.

Menjaga dan Melestarikan Sejarah Akan Mensukseskan Bangsa

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Sejarah punya fungsi yang sangat penting dan sangat mendalam. Karena Sejarah menyangkut tentang jati diri dan identitas sejarah yang memiliki memori kolektif, baik dari individu ataupun kelompok ataupun bangsa.

Bagaimana menghargai sejarah, yaitu dengan cara mengisi hal hal yang lebih produktif dan bermanfaat. Ini akan menghasilkan sejarah yang baik kedepannya.

Mengenai uang 75.000 , kita sudah tidak bisa memesannya melalui online , kita bisa memilikinya dengan cara mendaftar secara kolektif di instagram historia indonesia.

Hayooo….hapal ga sama pahlawan pahlawan yang sudah muncul di uang rupiah? dan pernahkah pahlawan dari papua muncul di uang rupiah? Yuk dijawab di kolom komentar..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *