Bahagia menginspirasi dimasa pandemi bersama MYBABYMomversity

Pandemi terjadi sudah lebih dari 1 tahun. Banyak hal yang bisa saya petik dari kejadian ini, yaitu ikhlas dan menerima segala bentuk perubahan yang terjadi dk ari dampak pandemi.

Saya termasuk orang yang sangat aktif, senang mengupdate pengetahuan, suka mengikuti kompetisi dan juga senang bergaul. Tujuan saya melakukan hal tersebut supaya bisa menjadi perempuan yang sangat berdaya, role model dan juga menjadi ibu yang pintar dalam pengasuhan.

Ketika pandemi terjadi 1 tahun yang lalu, saya benar benar mebatasi diri untuk keluar rumah. Aktivitas saya dan anak anak dilakukan hampir 95% dirumah saja.
Yang semula ga betah dirumah, jadi tiba tiba betah dirumah termasuk anak-anak.

Ada kehawatiran di diri saya jika anak- anak akan mengalami perubahan prilaku jika mereka hanya dirumah saja, seperti : suka marah marah, pendiam dan ga penurut.

Perubahan prilaku tersebut memang terjadi pada anak anak saya terutama yang berusia 7tahun, sangat terlihat. Dan saya juga mengalami perubahan prilaku, stress dengan tugas sekolah anak.

Tahun lalu (2020), dua orang anak saya masih duduk di bangku TK, tugas mereka walaupun simple, saya kesulitan dan tidak bisa sabar mendampinginya. Saya sering ga kirim tugas anak dan saya sering mengeluh ke ibu guru mereka.

Ga ngirim tugas tu biasa, bukan suatu masalah anggapan saya saat itu karena ibu guru tidak mempermasalahkan dan saya ga peduli. Yang terpenting bagi saya, anak-anak tetap dirumah supaya tambah sehat di masa pandemi.

Saya dan suami kadang emosi juga kalau ngajarin anak. Karena saya seorang ibu, ga tega juga melihat anak di bentak bentak suami, akhirnya saya lagi yang mendampingi mereka belajar dengan menahan emosi.

Disela sela mendampingi anak belajar, saya masih sempat mengikuti berbagai macam webinar, bagi saya ini seperti hiburan yang bisa me recharge mood saya.

Setelah me recharge diri, saya jadi semangat dan sabar mendampingi kedua anak saya belajar. Hubungan saya dengan ibu gurupun jadi lebih dekat.

Saya bersyukur sekali memiliki spirit yang selalu ingin megupdate wawasan. Walau saya dirumah ga punya asisten rumah tangga ataupun zuster, saya selalu menyempatkan mengikuti webinar dari mulai ilmu agama, parenting, kesehatan hingga finance.

Hal yang membuat saya sangat beruntung hidup di jaman sekarang adalah : komunitas. Saya mengikuti banyak sekali komunitas perempuan ataupun komunitas yang bisa memberikan aura positif bagi mental saya sebagai seorang ibu.

Saya mulai bisa mengontrol dan mereleas emosi saya. Saya dan suami jadi tambah kompak, begitu juga hubungan dengan anak-anak jadi tambah dekat dan tambah peka. Dan di rumah kami jadi tambah menikmati.

Berharap kami sekeluarga bisa struggle dan selalu siap menghadapi pandemi yang tidak jelas kapan berakhirnya.

MYBABYMomversity

MYBABYMomversity merupakan suatu wadah yang diselenggaran oleh my baby dimana para ibu multi talenta diajak untuk berbagi pengalaman menjalankan peran menjadi seorang ibu yang multi tasking dan dapat menginspirasi ibu lainnya.

MY BABY berkomitmen menjadi mitra yang selalu mendampingi ibu dalam menjalani dan menikmati perannya.

Mengusung spirit “Share, Learn, Play”, sejak 2019 MYBABYMomversity terus digelar dengan menghadirkan kelas inspiratif tentang parenting, finansial, dan kesehatan.

Di Tahun 2020 MYBABYMomversity menyelenggarakan kegiatan ini secara digital sebagai bentuk adaptasi di tengah pandemi.

Tahun 2021, MY BABY kembali menyuguhkan MYBABYMomversity 2021 dengan tema “Smart Parenting in Uncertain World”.

Sukses sentuh lebih dari 14 juta ibu lewat berbagai macam platform, MYBABYMomversity tahun 2021 ini mengajak para ibu untuk terus meningkatkan pengetahuan dengan menambah dua kelas inspiratif yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni: food & nutrition, dan style & self-care

MY BABY melihat bahwa multiperan yang ibu jalankan selama pandemi sebagai hal yang tak mudah. Terbukti, sebuah studi dari UN Women mengungkapkan 57% wanita mengalami peningkatan stres dan kecemasan, akibat bertambahnya beban mengurus keluarga dan juga pekerjaan rumah tangga, serta permasalahan ekonomi.

Belum lagi ditambah berbagai ketidakpastian yang masih menghantui, seperti kapan pandemi berakhir? kapan sekolah kembali dibuka? bagaimana situasi ekonomi ke depan? Karenanya, kami berharap kehadiran MYBABYMomversity tahun ini mampu membantu ibu mengurangi kecemasan yang ia hadapi.

Ibu bisa menjadi role model yang senantiasa bahagia sekaligus tangguh “Selva Marsentiani, Senior Head of Brand Communications & Content MY BABY”.

Turut hadir memberikan pengalaman yang menginspirasi : Tiara Puspita, M. Psi – Psychologist, Kimberly Ryder – ibu muda dan public figure, Alvin Hartanto – Nutritionist, Prita Ghozie – Financial Planner.

Tiara Puspita, M. Psi. 
Ada 3 hal yang dapat ibu lakukan agar bangkit dari situasi krisis yang dihadapi dan tangguh jalani perannya selama masa-masa menantang ini:

Self-care
Ibu dapat mengurangi rasa stress dan cemas dengan lebih peduli terhadap dirinya. Selain dengan memanjakan diri, ibu juga bisa melakukan meditasi untuk membuat ibu lebih rileks dan mendapatkan fokusnya kembali. Menempatkan kondisi fisik dan emosional sebagai prioritas, mampu membantu ibu mencapai kebahagiaan serta kesehatan yang optimal untuk dirinya dan keluarga.

Ciptakan keharmonisan keluarga
Ketika ibu mencontohkan hubungan yang penuh kasih dengan ayah dan anak-anak, mereka akan merasa lebih aman dan dicintai. Bahasa yang positif, aktif mendengarkan, dan empati bukan saja membantu menciptakan lingkungan keluarga yang damai dan bahagia pada saat-saat stres seperti sekarang, namun juga dapat mempermudah ibu dalam melakukan pembagian tugas dengan seluruh anggota keluarga.

Latih diri untuk menerima situasi yang ada, baik situasi yang dapat diubah dan dikendalikan / pun tidak . Menjadi ibu tidak harus selalu sempurna. Dengan memahami batasan antara kedua hal tersebut, ibu dapat mengarahkan energinya secara lebih efektif dan optimal pada hal-hal yang berada dalam kendali. Penerimaan dapat membantu ibu untuk lebih mampu menerima diri sendiri dengan kelebihan dan kekurangan. Maksimalkan kualitas self-care dan me-time untuk diri sendiri. 

Kimberly Ryder
Selain memulai dengan mencintai diri sendiri, peran support system juga sangat besar dalam membantu seorang ibu mampu mewujudkan kebahagiaannya, sekaligus membuatnya menjadi lebih tangguh dalam menghadapi segala tantangan.

Beruntung saya memiliki pasangan yang tak hanya setia mendampingi, namun terus meluangkan waktu memberikan dukungan, terutama di saat kami baru memiliki buah hati pertama kami, dan harus melakukan semua hal di negara lain tanpa bantuan keluarga.

Begitu juga saat persalinan anak kedua di tengah pandemi. Ada kecemasan namun dengan dukungan orang-orang terdekat dan belajar menerima situasi melalui pola pikir yang positif, membuat saya dapat melewati segala kesulitan dengan mudah.

Alvin Hartanto.
Selain bahagia, menjadi tangguh di situasi pandemi, ibu harus sehat dan memastikan keluarga terjaga kesehatannya. Kebutuhan harian nutrisi pada tubuh, sangat penting.

3 faktor utama yang perlu diperhatikan untuk memenuhi gizi seimbang yaitu kenali kondisi tubuh, pahami kandungan gizi dari asupan makanan yang di konsumsi dan terapkan pola makan yang tepat.

Makanan sehat tidak harus mahal. Nutrisi, vitamin, dan mineral yang tepat bisa didapatkan dari bahan makanan sederhana yang diolah dengan cara dan takaran yang tepat.

Prita Ghozie
Di situasi ekonomi yang tak menentu saat ini, yang utama adalah mengetahui bagaimana cara untuk bertahan. Ibu tetap harus bisa berkarya dan tahu cara menghasilkan uang dengan menggali kemampuan yang ibu miliki, seperti misalnya memasak, dan menjualnya dengan memanfaatkan media sosial.

Ibu juga bisa melakukan perencanaan anggaran untuk keluarga, dengan penyesuaian gaya hidup dan menjaga pos-pos pengeluaran berdasarkan skala prioritas.

Jika masih ada dana tersisa, sebaiknya sebagian disisihkan sebagai tambahan dana darurat dan dana kesehatan. Dana darurat bisa membantu meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga, dan dana kesehatan dapat mencegah dana darurat tergerus oleh biaya berobat.

Tak ada kata terlambat. Yang harus mulai dilakukan oleh ibu adalah menyusun rencana keuangan yang baik dan mengetahui komposisi yang tepat, serta disiplin dalam penerapannya.

Semoga saja ya kita semua bisa menghadapi segala ketidak pastian ini dengan hal hal positif dan bermanfaat.

Gimana ibu, tertarik kan mendaftar MYBABYMomversity? Akan banyak sekali kegiatan yang disegelenggarakan. Segera cek website MYBABYMomversity atau instagram Mybaby supaya tidak ketinggalan informasi.

Stay healthy and Goodluck ibu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *