Pancake buah naga susu chil*go

Hallo ibu…

Gimana keadaan anak anak dimasa pandemi kali ini, mereka masih merasa betahkan di rumah saja?

Bulan puasa dimasa pandemi ini, hal apa saja yang sering ibu lakukan bersama anak anak?

Kalau saya dan anak anak, belakangan ini lagi senang senangnya mengolah makanan kesukaan mereka, yaitu mengolah dough( terigu) menjadi pancake kesukaan mereka. Mereka sering saya libatkan saat membuat pancake.

Awalnya hanya iseng buatin mereka pancake, ternyata mereka suka sekali dan maunya setiap pagi dibuatin sarapan pancake untuk teman minum susu mereka.

Memasak bersama anak bisa melatih kesabaran

Sebagian ibu, mungkin keberatan atau menghindari masak melibatkan anak balita di dapur, alasannya pasti karena banyak sekali benda benda berbahaya dan ga mau repot untuk bersih bersih.

Padahal masak bareng anak merupakan suatu hal yang mengasikkan, kita bisa melatih kesabaran anak dan juga diri kita sebagai orang tua.

Memang masak bareng anak, PR nya adalah dapur menjadi tambah banyak yang harus dibersihkan. Kalau ga ada yang bantuin, pasti kerasa banget ngabisin waktu buat beresinnya.

Tips saya supaya dapur tidak berantakan saat selesai masak bareng anak, kita bisa siasati dengan cara menyiapkan :

  1. Plastik besar atau alas yang gampang dibersihkan.
  2. Bahan – bahan dough yang bakal jadi mainan mereka wajib sudah di takar sesuain ukuran sebelum mereka datang
  3. Wadah, spatula, gelas ukur semuanya sudah disiapkan.
  4. Gunakan tempat air dan tepung yang tertutup dan bisa di buka sedikit saja.
  5. Tissue

Nah tipsnya satu lagi, memasak bersama wajib dalam kondisi sudah mandi, rambut di ikat, jari kuku pendek dan anak anak dikasi pengarahan sebelum diajak masak bersama.

Walau selesai masak akan tetap beres beres dapur, kita bisa ajak anak-anak untuk ikutan membersihkan peralatan masak tersebut.

Capeknya yang membuahkan hasil, anak anak happy bisa bermain peran sebagai seorang chef dan mereka juga jadi tau proses pembuatan makanan yang cukup memakan waktu, nantinya mereka akan sangat menghargai semua makanan yang diberikan, wajib dihabiskan.

Selain melatih kesabaran dan bonding, ada banyak sekali manfaat memasak bersama anak :

  1. Meningkatkan daya imajinasi anak
  2. Melatih sensorik halus, yaitu tangan dan jari jemari
  3. Belajar berhitung dan ilmu science
  4. Membangun kepercayaan diri, dan
  5. Melatih tanggung jawab.

Ini yang membuat saya selalu senang melibatkan mereka ketika memasak. Awalnya pasti berantakan, tapi lama kelamaan mereka mulai tau tanggung jawab menjaga kebersihan dapur.

Mengkombinasikan menu karbohidrat dengan buah buah kesukaan anak

Saya setiap hari selalu menyiapkan buah naga kesukaan Vallerie dan haraka. Ditempat tinggal saya, harga perkilonya murah sekali, perkilonya hanya 10.000 – 17.000. Rasanya yang manis, lembut dan warnanya yang menggugah mata membuat anak anak ga bosen walau setiap hari di makan.

Dirumah anak-anak megkonsumsi buah naga selalu langsung dimakan tanpa di blender. Hanya buah yang keras saja yang saya blender seperti jambu ataupun wortel tetapi tidak menggunakan pemanis

“Ketika mengunyah enzim di dalam mulut akan aktif keluar dan bekerja, sehingga proses kerja saluran pencernaan semakin sempurna”.

Seringnya sehabis makan buah naga, anak-anak akan gampang sekali untuk pub (buang air besar). Selain melancarkan pencernaan, Buah naga memiliki segudang manfaat, diantaranya :

Kaya akan vitamin, mineral dan anti oksidan
Memperkuat sistem imun
Menenangkan syaraf
Mencegah anemia
Menguatkan tulang dan juga gigi.

Buah naga, yang di dalam dagingnya memiliki ciri banyak biji yang lembut saat digigit, dagingnya juga memiliki berbagai warna, seperti putih dan merah. Kalau saya seringnya membeli buah naga yang berwarna merah.

Buahnya yang mengandung banyak air, memudahkan kita untuk mencampurkan ke berbagai olahan makanan. Hal ini yang mendasari saya mencoba membuat olahan dari bahan dasar buah naga ke pancake susu chil*go kesukaan anak anak.

Saya akan bagikan cara membuat pancake dari buah naga yang sangat simple, bernutrisi dan bahannya gampang sekali dicari.

Bahan bahan yang di butuhkan untuk membuat pancake buah naga :

Bahan Kering :
Tepung Terigu 250gram
Susu bubuk morinaga chil*go 50 gram
Baking soda 1/2 sdm
Gula 3 sdm
Garam 1/2 sdt
Vanili.

Bahan basah :
Buah Naga ukuran 500gram ( haluskan)
Telur 1 butir (kocok lepas)
Susu cair Morinaga rasa original 2 botol
Margarin 2 sdm ( cairkan)

Toping : (Sangrai semuanya)
Almond
Raisin
Wijen

Cara membuat :


Campurkan bahan kering (tepung terigu, susu bubuk morinaga chilgo, gula, baking soda dan garam, diaduk hingga bercampur)
Masukkan susu cair chil*go rasa original
Masukkan telur
Masukkan Margarin
Aduk semuanya hingga merata sampai tidak ada bahan yang meggumpal (diamkan selama 10 menit atau lebih).

Buat 3 adonan : (supaya saat disaji terlihat warna gradasi buah naga)
1/3 adonan campuran kental warna buah naga
1/3 adonan campuran sedikit buah naga
1/3 adonan tanpa buah naga.

Panaskan teflon, kemudian oleskan mentega setelah teflon panas, masukkan 1 sendok besar bahan pancake ke dalam teflon. Tunggu ada gelembung yang muncul , baru dibalik. Lakukan hingga bahan pancake habis.

Cara Penyajian :
Letakkan pancake Buah Naga yang berwarna pekat, kemudian pancake buah naga yang tidak terlalu pekat dan yang tidak menggunakan buah naga, bisa di tumpuk/tingkat seperti tangga. Taburkan almond slice, wijen dan raisin sangrai.

Voila…Pancake siap disajikan sebagai camilan ataupun menu buka puasa si kecil.

Tips
menyangrai almond slice / wijen : gunakan api kecil, sering diaduk aduk dan matikan api ketika almod ataupun wijen sudah berubah warna dan muncul wanginya. Tetap diaduk bolak balik walau api sudah dimatikan. Setelah dingin simpan di tempat tertutup.

Untuk melembutkan raisin, bisa di rendam di air hangat terlebih dahulu selama 10 menit. Kemudian tiriskan.

Untuk membuat pancake lebih tebal, buat adonannya jangan encer tetapi tidak terlalu kental walaupun agak sedikit kental. Gunakan teflon yang datar agar adonan pancake tetap berada ditengah dan tidak menyebar ke seluruh teflon.

Untuk toping, raisin bisa diganti dengar berbagai macam buah buahan seperti pisang, jeruk dan buah yang rasanya sedikit asam. Anak-anak pasti sukaaa sekali perpaduan rasa dari manis pancake dan rasa asam dari buah buahan.

Sajikan Pancake buah naga dengan sebotol susu cair morinaga chil*go ya bu…rasanya akan semakin sempurna 😍

Buat ibu yang bingung ingin membuat menu apa saja untuk si kecil selama bulan ramadhan ini, bisa intip Resep Makanan Sehat morinaga chil*go. Si kecil, pasti suka sekali.

Selamat berkreasi ibu….

12 thoughts on “Pancake buah naga susu chil*go

  1. Duuh, jadi pengen bikin juga pancake buah naganya. Aku suka banget buah naga soalnya. Bener-bener deh nggak kepikiran, tapi kayaknya bikin yang nggak pake susu chilgo karena belum punya anak hahaha. Catet resepnya ah ~

    1. hahahaha, saya juga suka minum susu chil*go anak saya, rasanya enak banget mau dingin ataupun ga dingin dan kalau bikin kue pakai susu chilgo* ga pakai vanilla juga bakalan wangi

  2. Membuat pancake makin simple apalagi sambil menciptakan bounding keluarga ya kak. Sangat bermanfaat ini untuk selalu diterapkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *